Ratusan Ditilang, Sidang di Tempat

By Mochammad Arifin 02 Nov 2019, 22:53:34 WIB Daerah
Ratusan Ditilang, Sidang di Tempat

TEGAL – Aparat penegak hukum gabungan dari Polri, TNI, Kejaksaan dan Pengadilan, tambah petugas Dishub, di Kota Tegal, diterjunkan langsung ke lapangan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2019.

Razia polisi untuk penertibkan dan penegakan hukum itu, di Jl Kapten Sudibyo, tepatnya di depan Kantor Samsat, digelar pagi hari selama dua jam. Tepatnya mulai pukul 07.30 hingga pukul 09.30, Jumat (1/11/2019).

Perincian aparat gabungan yang diterjunkan dalam razia kendaraan itu, dari Polres Tegal Kota adalah Sat Lantas. Kemudian TNI, diterjunkan dari unsur Sub Denpom IV/1-3 Tegal, Kejaksaan Negeri (Kejari) langsung dihadirkan Jaksa Penuntut Umum. Pengadilan Negeri (PN) mengahdirkan hakim tunggal dan panitera pengganti, serta sejumlah petugas dari Dishub Kota Tegal.

Mereka bekerjasama, dan berbagi tugas sesuai bidangnya, untuk menertibkan dan melaksanakan penegakan hukum terhadap pengendara sepeda motor, sopir mobil, angkot, mikrobus, bus, pikap dan truk.

Penegakan hukum, khusus pengendara sepeda motor, dan mobil pribadi diserahkan ke personel Sat Lantas. Sedangkan untuk kendaraan angkutan penumpang dan barang, perannya diambil alih petugas Dishub.

”Ini karena hari Jumat, waktunya digelar agak pagi dan hanya sekitar dua jam. Kegiatan Ini juga sebagai terapi kejut, agar pelanggar tak mengulangi perbuatannya dan kian tertib. Jadi siapa pun yang melanggar aturan lalu lintas, maka akan ditindak tegas. Kami berharap, penegakan hukum ini akan meningkatkan kesadaran berlalu lintas warga. Baik pengendara sepeda motor, mobil pribadi maupun angkutan barang dan angkutan penumpang,” terang Kapolres Tegal AKBP Siti Rondhijah SSi, didampingi Kasat Lantas AKP Ben Aras, di lokasi kegiatan.

Penerjunan aparat gabungan, khususnya jaksa, hakim dan panitera pengganti, karena di lokasi itu digelar sidang di tempat. Artinya bagi pelanggar lalu lintas, yang sudah mendapat surat bukti pelanggaran (Tilang), langsung disidang di lokasi tersebut, dan mendapatkan vonis.

”Rata-rata vonisnya berupa denda, dan jumlah dendanya bervariasi, sesuai dengan tingkat kesalahan atau vonis yang diputuskan hakim tunggal,” terang Hakim PN Tegal yang bertugas dalam sidang di tempat itu, Frans Effendi Manurung SH MH, didampingi Panitera Pengganti Sarwono. (ari)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Video Terbaru

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Rahmat Sabilludin - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Rahmat Sabilludin

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Rahmat Sabilludin

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Loading....